Jumat, 21 November 2014

Filled Under: , ,

Sony Xperia SP L dan M Tidak Bisa Upgrade OS Android Terbaru

Smartphone Sony Xperia SP, Xperia L, Xperia M, dan Xperia M Dual dipastikan tidak akan mendapatkan update Android 4.4 KitKat. Keempat smartphone kelas menengah andalan Sony di tahun 2013 ini Kelebihan Sony Xperia L harus puas dengan bertahan di sistem operasi Android Jelly Bean. Vendor asal Jepang ini tampaknya lebih fokus untuk mengurus smartphone generasi barunya.

Sony Xperia SP, Xperia M, dan Xperia M Dual akan bertahan di Android 4.3 Jelly Bean. Sedangkan Xperia L malah selangkah di belakang Xperia SP dan Xperia M, Kekurangan Sony Xperia L yakni menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean yang dirilis Oktober 2013 lalu. Kabar ini tentu menjadi kabar buruk bagi pengguna ketiga varian smartphone tersebut yang berharap dapat menikmati Android 4.4 KitKat. Sony Xperia L

Lalu apa alasan Sony enggan merilis update Android 4.4 KitKat untuk Xperia SP, Xperia M, dan Xperia L? Jika dilihat dari spesifikasi yang diusungnya, yakni bertenaga dual-core Krait yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB sebenarnya sudah cukup kuat untuk menjalankan Android 4.4 KitKat dengan lancar.

Informasi ini bersumber dari website resmi Sony. Sebelumnya Sony sempat mempertimbangkan smartphone Xperia SP untuk mendapatkan update Android 4.4 KitKat dan melabeli produk tersebut dengan status under investigation. Tapi kini website Sony telah menunjukkan bahwa Xperia SP dengan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean adalah final version dengan kata lain tak akan mendapatkan update lagi.

Sedangkan smartphone Xperia M dan Xperia L sejak awal sudah dipastikan tidak mendapatkan update Android 4.4 KitKat. Pengguna ketiga varian smartphone tersebut masih dapat mencicipi Android 4.4 Kitkat dengan menginstal custom ROM, seperti yang dilansir dari GSM Arena (10/09/2014).

Sony Xperia L dan Xperia C3 merupakan dua smartphone Android yang menghiasi pasaran di kelas menengah. Tentunya dengan spesifikasi yang berbeda, menarik sekali untuk diadu mana yang lebih mantap untuk menunjang aktivitas kita. Berikut adalah komparasi dua ponsel cerdas garapan Sony. Secara kasat mata Sony Xperia C3 tampil lebih lega, dihadirkan dengan layar 5.5 inch beresolusi HD 720 x 1280 piksel. Sementara Sony Xperia L dirilis mengusung layar 4.3 inch dengan resolusi 480 x 854 piksel. Jika disinggung soal kualitas, Xperia C3 memiliki teknologi yang lebih baik meskipun boros energi yakni In Plane Switching sedangkan Xperia L masih menggandeng teknologi TFT.

Beralih ke sektor dalam, kinerja Sony Xperia L ditopang oleh chipset Qualcomm MSM230 Snapdragon prosesor Dual-core berkecepatan 1 Ghz. Sementara peforma Sony Xperia C3 di tunjang dengan prosesor Quad-core 1.2 Ghz Cortex-A7 Chipset Qualcomm MSM8926 Snapdragon 400. Keduanya ditemani RAM 1 GB dan ROM 8GB. Jika ditanya mana yang lebih baik, maka Sony Xperia C3 diatas kertas jelas lebih mantap karena dibenami 4 inti sedangkan Xperia L hanya bekerja dengan 2 inti. Terlebih C3 juga membawa sistem operasi yang anyar yaitu Android KitKat.

Untuk mengabadikan momen penting, Sony Xperia C3 membenamkan kamera primer 8 MP, dan 5 MP sebagai lensa sekunder. Sony Xperia L juga menyematkan kamera belakang 8 MP, sayangnya untuk kamera depan belum sebaik lensa yang dimiliki Xperia C3, masih sebatas VGA saja.

Perbedaan lainnya yang kentara menyasar di bagian penyumbang daya. Baterai Li-Ion bermuatan 1.750 mAh akan mendonorkan energi untuk Sony Xperia L, sedangkan Sony Xperia C3 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar yakni 2.500 mAh. Spesifikasi lainnya yang dibawa kedua ponsel tersebut tak terlampau jauh, mereka mendukung jaringan 2G, 3G HSDPA, disediakan juga fitur Wi-Fi untuk internetan gratis di hotspot area. Seperti yang sudah disinggung tadi, bahwasannya Sony Xperia L dan Xperia C3 menyasar di kelas menengah. Rp 2.500.000,- merupakan harga yang cukup pantas disandangkan untuk Sony Xperia L. Dengan segala kelebihan yang dimiliki Sony Xperia C3 tak heran jika ponsel tersebut memiliki banderolan harga yang lebih mahal yaitu Rp 3.699.000,-.

0 komentar:

Posting Komentar