Jumat, 21 November 2014

Filled Under: , ,

Inilah Bocoran Harga Motor Yamaha Mio 125 Blue Core

Yamaha Indonesia dalam waktu dekat bakal meluncurkan produk terbarunya di segmen skuter matik (skutik). Motor yang tampangnya sempat dipamerkan sedikit di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014 beberapa waktu lalu itu dipastikan merupakan Mio 125 Blue Core. Modifikasi Yamaha Mio GT Menurut Assistant General Manager (GM) Yamaha Indonesia, Mohammad Masykur, motor ini sedianya akan diperkenalkan akhir 2014.

"Mudah-mudahan motor ini jadi kado akhir tahun bagi Yamaha. Soal kepastiannya kami belum bisa sampaikan, yang pasti antara akhir November atau Desember," terang Masykur kepada VIVAnews, Sabtu 8 November 2014. Gambar Yamaha Mio GT Bicara kelebihan, Mio bermesin 125 generasi terbaru itu dikatakan akan mengusung teknologi Blue Core. Dimana, motor tersebut diklaim bakal lebih irit dan bertenaga. "Soal spesifikasi lainnya maaf belum bisa kami sampaikan," tukasnya. Yamaha Mio GT

Rencananya, motor ini akan dipasarkan dengan harga terjangkau. Kata Masykur, harga Mio 125 Blue Core tidak akan jauh dari harga Mio sebelumnya yang saat ini berada di kisaran Rp13 jutaan. "Di atas Rp13 juta, di bawah Rp15 juta. Kami tidak ingin menawarkan motor dengan harga yang kelewat mahal," tutupnya.

"Dibandingkan dengan varian matik sebelumnya yang sudah menggunakan injeksi, motor matik Blue Core lebih irit 20 persen, sementara dibanding karburator lebih besar lagi, yakni sekitar 50 persen," tuturnya, di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis 20 November 2014. Produk pertama dari Blue Core dikatakannya adalah Nozza Grande di Vietnam dan Grand Filano di Thailand, dengan average bahan bakar 54 km per liter.

Cara Yamaha membuat mesin yang efisien adalah dengan mengganti penyuplai bahan bakar dari karburator menjadi fuel injection. Selain itu arah ledakan pembakaran juga diubah menjadi terpusat ke satu titik agar menghasilkan dorongan yang lebih kuat ke piston. Kemudian Yamaha juga mengoptimalkan metode pendinginan dengan menggunakan udara. Hasil riset Yamaha menunjukkan bahwa pendinginan konvensional yang sudah dioptimalkan bisa menyamai liquid cooling.

Untuk mereduksi hilangnya tenaga mesin, Yamaha menggunakan teknologi off-set cylinder, yang dipercaya bisa mengurangi gesekan antara piston dan silinder. CVT juga diperbaiki agar lebih optimal untuk motor matik berkapasitas 125cc. "Jadi nanti ke depannya semua teknologi untuk motor matik Yamaha akan menggunakan istilah yang sama, yakni mesinnya menggunakan konsep Blue Core," ucapnya.

0 komentar:

Posting Komentar