Jumat, 21 November 2014

Filled Under:

Solusi Membangun Rumah Minimalis di Jaman Modern

Rumah Minimalis - Keret House, rumah tersebut, milik arsitek Jakup Szczesny yang berasal dari Polandia. Berlokasi di distrik Wola, Warsawa, Polandia, Keret House mewakili dua zaman berbeda. Rumah ini dibangun menggunakan struktur material bata merah seperti rumah-rumah di era perang dunia kedua. Sementara itu, bangunan satu lagi yang lebih baru dibangun menggunakan struktur beton untuk menghadirkan nuansa terkini Kota Warsawa.

Struktur Keret House bersifat temporer dengan sistim struktur rangka baja. Gambar Rumah Minimalis Proses perakitannya dilakukan di bengkel menggunakan alat berat untuk diletakkan di lahan rumah ini. Sebenarnya, rumah ini didesain dan dibangun sebagai sebuah karya seni rupa instalasi. Berbentuk rumah panggung berlantai dua, akses pintu masuk ke dalam rumah ini hanya berupa tangga yang dapat naik-turun secara otomatis.

Namun demikian, rumah ini, sejatinya, bisa dijadikan hunian contoh minimalis karena dilengkapi dengan tempat tidur dan meja, serta kursi kerja di lantai duanya. Anda terinspirasi?. Desain Cat Rumah

rumah satu lantai memang merupakan rumah yang hemat. Jika lahan yang ada memadai. Karena tidak perlu membuat pondasi struktur tingkat yang mahal serta cor dak beton. Sekali lagi, jika memang kebutuhan ruangnya cukup di lahan tersebut. Jika tidak, apa boleh buat. 2 lantai memang menjadi pilihan terakhir. Hematnya lantai satu juga bisa ditinjau dari harga per meter perseginya. Bangunan 2 lantai harga per meter perseginya membengkak. Karena ia menanggung beban biaya struktur lantai 2. Jadi sekali lagi, jika memang cukup maka lantai satu adalah salah satu solusi hemat.

Dan nampakanya setelah diolah cukup. Semua ruang tidur dikelompokkan di kanan. Dengan tetap memberikan taman bagi mereka. Hingga privasi dan sirkulasi udara terjaga dengan baik. Ruang tamu saya buat terpisah. Dengan harapan jika bagian ini ingin dibangun terpisah akan mudah pelaksanaannya. Lalu di tengah saya buat saja hall terbuka.

Mulai dari musholla , ruang makan dan r keluarga. Dengan akses cahaya dari taman belakang dan glass block ruang cuci jemur akan membuat 3 ruang ini kaya cahaya. atap ruang tamu yang terpisah. Jadi memudahkan penerapan konsep rumah tumbuh. Pintu masuk tetap 2 dari arah muka. Akan memudahkan juga konsep 2 pola sirkulasi. Publik area dan service/private area.

Sisi kanan bangunan terdapat talang beton atau parapet. Air berkumpul di sini lalu dibuang ke depan. Selain itu kita juga bisa membuat void pada bagian lubang yang bersentuhan dengan area taman di 3 ruang tidur. Jadi sirkulasi hawa dan cahaya masuk menelisik dari arah sisi kanan tembok. Untuk 3 dimensi yang terkahir ini, saya coba jelaskan pola pengembangan lantai 2 jika kelak ingin ada. Rencananya lantai 2 untuk ruang cuci jemur saja. Jadi ruang cuci jemur lama bisa disulap jadi taman dalam yang asri dan hijau. Dengan konsep box abu-abu bergaris maka ia tampil sebagai pemanis fasade. http://www.desaincatrumah.com/

0 komentar:

Posting Komentar